Tips Cara Menghitamkan LJK Agar Terbaca Komputer

Cara menghitamkan LJK agar terbaca komputer penting untuk diketahui oleh para calon peserta ujian maupun pengawas agar tidak sampai terjadi kesalahan sehingga tidak terdata oleh sistem.

Sejak dahulu, untuk Ujian Nasional atau UN/UNAS yang diikuti oleh para murid sebagai syarat kelulusan sekolah, LJK atau Lembar Jawaban Komputer di mana para murid menuliskan jawaban ujiannya selalu diperiksa oleh komputer.

Hal itu dikarenakan UN/UNAS merupakan wewenang langsung dari pemerintah pusat, sehingga pemeriksaan hasil ujian secara nasional pun dilakukan oleh pusat.

lembar jawaban komputer
LJK Unas SMA

Namun, tidak mungkin untuk melakukan pemeriksaan manual dengan jumlah peserta ujian yang mencapai jutaan anak. Sebab itu, diberlakukan metode pengecekan jawaban ujian oleh komputer seperti demikian.

Langkah Cara menghitamkan LJK agar Terbaca Komputer

Lembar Jawaban Komputer terbuat dari kertas khusus yang berkualitas baik sehingga tidak mudah robek. Kertas tersebut diproduksi secara khusus oleh pemerintah pusat, kemudian diedarkan kepada pemerintah provinsi untuk selanjutnya diedarkan ke daerah hingga sekolah-sekolah yang telah ditunjuk untuk menggelar Ujian Nasional.

Karena jenis kertasnya khusus, maka pensil yang digunakan pun juga tidak bisa berupa pensil biasa, melainkan harus pensil 2B yang telah terbukti dapat dibaca oleh komputer.

Namun, meski begitu, tidak lantas penggunaannya bisa sembarangan. Peserta harus mengetahui dengan benar cara menghitamkan LJK agar terbaca komputer supaya hasil jawabannya dapat dikoreksi untuk kemudian mendapatkan hasilnya.

Perlengkapan yang harus disediakan selama Ujian Nasional agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar hingga akhir adalah pensil dan penghapus 2B yang selain digunakan untuk membulatkan soal ujian yang selalu berupa pilihan ganda, juga dipakai menulis nama dan nomor ujian. Jika tidak terdeteksi, secara otomatis tidak akan masuk ke database dan dianggap gugur.

Cara menghitamkan LJK agar terbaca komputer juga tidak perlu membubuhkan pensil terlalu kuat karena dapat menyebabkan kertas ujian robek dan belum tentu terdapat stok kertas jawaban cadangan yang cukup.

Karena itu biasakan saja untuk membubuhi jawaban tipis-tipis lebih dulu lalu. Baru setelah selesai mengerjakan seluruh soal baru ditebalkan sehingga LJK tetap dalam kondisi baik.

Semoga artikel tentang cara menghitamkan LJK agar terbaca komputer ini bermanfaat untuk anda semua.

Add Comment